Cara alami mengencerkan dahak

Batuk merupakan salah satu penyakit yang umum dihadapi oleh masyarakat di tanah air. Batuk bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal umur dan jenis kelamin. Batuk sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Saat batuk, tenggorokan dan badan pun rasanya tidak nyaman, khususnya saat batuk berdahak. Dahak yang sulit dikeluarkan membuat batuk tidak kunjung sembuh. Jika dahak sudah encer, maka batuk pun akan cepat sembuh. Bagi Anda yang sedang mengalami batuk berdahak, berikut ini beberapa cara untuk mengencerkan dahak secara alami tanpa menggunakan obat.

Perbanyak Minum Air Putih
Saat sedang batuk, konsumsi cairan yang sebanyak-banyaknya sangat dianjurkan, terutama konsumsi air putih. Banyaknya cairan yang masuk ke dalam tubuh akan membuat dahak menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan sehingga batuk pun lebih cepat sembuh. Minumlah air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan. Selain itu hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat membuat dahak mengental kembali.

Mandi Air Hangat
Jika Anda terbiasa mandi dengan air dingin, saat batuk sebaiknya mandi dengan air hangat. Efek hangat dari luar juga akan membantu mengencerkan dahak yang sulit keluar sehingga Anda dapat mengeluarkannya lebih mudah.

Minum Air Jahe
Jahe memiliki efek yang bersifat hangat dan panas. Anda bisa minum air seduhan jahe selama batuk. Sari jahe yang hangat tersebut akan meluruhkan dahak sehingga menjadi encer. Untuk pembuatannya, siapkan satu buah jahe berukuran sedang. Kemudian, iris-iris jahe tersebut dan rebus dengan 3 gelas air. Tambahkan 5 butir cengkeh. Cengkeh juga memiliki efek yang sifatnya sama dengan jahe. Rebus jahe sampai mendidih dan biarkan sampai airnya hanya tinggal setengahnya. Minum setengah gelas air seduhan jahe tersebut selagi hangat secara teratur. ini juga merupakan salah satu jenis obat batuk yang manjur

Istirahat yang Cukup
Batuk sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya ketika tubuh sudah kembali bugar. Selama batuk, sebaiknya lebih banyak beristirahat sehingga tubuh bisa kembali fit dan penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Saat masih batuk, hindari pekerjaan-pekerjaan berat yang menguras tenaga karena hal ini justru akan membuat batuk semakin parah.